Friday, October 13, 2017

Kumpulan Contoh Kalimat Simpleks dan Kompleks Beserta Ciri-cirinya

Kumpulan Contoh Kalimat Simpleks dan Kompleks Beserta Ciri-cirinya - Di dalam aspek pembelajaran bahasa Indonesia kerap kali kita menemukan terdapat dua jenis kalimat yaitu kalimat simple (simpel) dan kalimat kompleks. Definisi kalimaan simpleks pada umumnya berasal dari kata simple yang artinya simpel atau hanya terdiri atas satu peristiwa saja. Sementara pengertian kalimat kompleks yaitu kalimat yang mempunyai lebih dari satu rangkaian peristiwa. Selain itu kalimat kompleks sendiri terdiri atas kalimat kompleks paratatik dan hipotatik. Masing masing kalimat kompleks ini tentunya juga mempunyai contoh dan struktur yang berbeda satu sama lain.

Baik contoh kalimat simpleks atau contoh kalimat kompleks paratatik ataupun hipotatik sendiri mempunyai perbedaan yang sangat jelas bila kita lihat dari struktur kalimat itu sendiri. Sama halnya dengan kalimat pada umumnya, kalimat simpleks dan kalimat kompleks juga mempunyai struktur dan ciri-ciri masing-masing yang bisa membantu kita mengenali dan membedakan kedua kalimat ini.

Pada umumnya baik itu contoh kalimat simpleks dan kompleks beserta strukturnya bisa kita temukan di berbagai media baik cetak ataupun media online. Bahkan kerap kali ketika kita mengucapkan kalimat ketika sedang berbincang bincang tanpa sadar kita sudah mengucapkan serangkaian kata yang menunjukkan bahwa contoh kalimat kompleks maupun simpleks.

Kumpulan Contoh Kalimat Simpleks dan Kompleks Beserta Ciri-cirinya

Untuk mengamati struktur kalimat dalam contoh kalimat kompleks dan simpleks kita terlebih dahulu harus memahami struktur kedua kalimat ini secara umum agar nantinya kita bisa membedakan antara kalimat simpleks dan kalimat kompleks. Adapun struktur kalimat kompleks dan struktur kalimat simpleks kami jelaskan sebagai berikut ini:

Struktur kalimat simpleks terbagi atas : 
  1. Subjek. 
  2. Predikat. 
  3. Objek. 
  4. Keterangan (opsional). 
Kalimat simple (Simpleks) hanya mempunyai satu rangkaian peristiwa saja yang terdiri dari subjek, predikat, dan objek dalam kalimatnya atau yang lebih umumnya disebut dengan SPOK.

Struktur kalimat kompleks terbagi atas:
  1. Subjek. 
  2. Predikat (terdiri atas dua verba). 
  3. Objek. 
  4. Keterangan (opsional). 
hampir sama dengan kalimat simpleks, kalimat kompleks juga mempunyai subjek, predikat, objek, dan keterangan sebagai opsional. Yang membedakannya yaitu kalimat kompleks terdiri atas lebih dari satu rangkaian peristiwa saja dengan kata lain kalimat kompleks mempunyai dua verba (kata kerja) atau predikat dalam setiap kalimatnya.

Contoh Kalimat Simpleks
Berikut ini merupakan kumpulan contoh kalimat simpleks yang bisa anda analisa setelah anda mengetahui ciri-ciri dan struktur kalimat simpleks itu sendiri.
  1. Bilal bermain sepak bola di belakang rumah. 
  2. Fiora terjatuh saat mengendarai sepeda. 
  3. Ular itu memakan ayam yang diberikan petugas kebun binatang. 
  4. Petugas kebun binatang membersihkan kandang beruang. 
  5. Ayah sedang mengerjakan pekerjaan kantor di ruang kerja. 
  6. Sopir itu mengantarkan paket pesanan ke rumah pelanggannya. 
  7. Penembak jitu itu membunuh musuhnya. 
  8. Pedagang itu menjual semua barang dagangannya kepada pembeli berbaju coklat. 
  9. Guru mata pelajaran bahasa indonesia mengajari materi kalimat simpleks dan kompleks pada muridnya. 
  10. Semut semut memakan sesuatu yang manis.

Contoh Kalimat Kompleks
Seperti yang telah saya terangkan sebelumnya. Ada dua jenis kalimat kompleks yaitu kalimat kompleks paratatik dan kalimat kompleks hipotatik. Untuk lebih rincinya yuk kita simak kedua pengertian dan contoh kalimat kompleks tersebut.

Kalimat Kompleks Paratatik
Kalimat kompleks paratatik merupakan kalimat yang mempunyai definisi sebagai kalimat yang terdiri atas dua struktur kalimat yang mempunyai arti sama, sejajar dan setara. Pada dasarnya kalimat kompleks paratatik memakai konjungsi "dan", "namun", "atau", dan "tetapi".

Contoh kalimat kompleks paratatik adalah sebagai berikut :
  1. Refita menanam bunga matahari dan ia sangat berhati-hati dalam merawatnya. 
  2. Berpakaianlah sesuka hatimu tetapi harus tetap sopan. 
  3. Sebagai seorang warga negara kita harus menjaga keutuhan bangsa dan negara. 
  4. Lingkungan akan indah dipandang bila kita selalu menjaga dan merawatnya. 
  5. Bilal telah giat belajar sedangkan fiora telah giat mengerjakan pekerjaan rumah.

Kalimat kompleks hipotatik
Kemudian yaitu kalimat kompleks hipotatik yang mempunyai definisi sebagai kalimat kompleks yang tersusun atas dua rangkaian peristiwa dan dihubungkan oleh konjungsi. Tetapi rangkaian peristiwa dalam kalimat hipotatik ini tak mmpunyai kesejajaran dan kesetaraan yang sama antar kalimatnya. Kalimat kompleks hipotatik pada dasarnya dihubungkan dengan konjungsi "jika", "ketika", "karena", "apabila"dan "sehingga".

Contoh kalimat kompleks hipotatik:
  1. Bila kamu mau menurut pasti kamu akan sukses.
  2. Apabila saya punya uang banyak, saya sudah berangkat liburan ke luar negeri.
  3. Saya akan membeli rumah mewah itu bila saya punya uang yang cukup.
  4. Hari ini saya sangat sedih sebab orang yang saya cintai memutuskan hubungan kami.
  5. Ibu melepaskan saham terbaiknya sebab ada kebutuhan yang mendesak.

Demikian kami paparkan terkait Kumpulan Contoh Kalimat Simpleks dan Kompleks Beserta Ciri-cirinya. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kumpulan Contoh Kalimat Simpleks dan Kompleks Beserta Ciri-cirinya