Thursday, September 7, 2017

Kumpulan Contoh Teks Eksposisi Singkat Beserta Strukturnya

Kumpulan Contoh Teks Eksposisi Singkat Beserta Strukturnya - Kali ini kita akan membahas tentang teks eksposisi. Masih banyak dari kita yang belum paham akan teks ekposisi, padahal ini sangat menarik untuk diketahuii dan menambah wawasan kita. Teks eksposisi adalah salah satu teks dalam bahasa Indonesia yang mempunyai tujuan untuk memaparkan suatu peristiwa berdasarkan pengalaman seseorang kepada para pembaca. Sama halnya seperti teks-teks lain pada umumnya teks eksposisi mempunyai ciri-ciri khusus yang berbeda dengan teks yang lainnya. Pada paragraf pertama biasanya berisi tentang tesis atau latar belakang suatu hal yang dibicarakan, dilanjutkan dengan argumentasi yang berisi pokok bahasan dan kemudian diakhiri dengan paragraf penguat yang bertujuan untuk memperkuat argumentasi.

Terdapat banyak sekali contoh teks-teks eksposisi singkat yang tersebar di website dan dapat kita pelajari bersama, contoh tersebut dapat dikategorikan sebagai contoh teks eksposisi tentang pendidikan, politik, sosial, ekonomi budaya dan lain sebagainya.

Karena sifatnya yang dikandung terkesan mengekspose atau memaparkan suatu kejadian, penggunaan teks eksposisi banyak diimplementasikan ke dalam penulisan suatu majalah, koran dan berbagai meda cetak lainnya. Pada kenyataannya tanpa harus mencari contoh-contoh teks eksposisi pun kita sudah sering sekali menggunakannya dalam percakapan kita sehari-harinya. Seperti kita memberikan informasi secara rinci kepada teman kita, atau pada saat kita menjelaskan materi pada saat belajar kelompok dan lain sebagainya.



Kumpulan Contoh Teks Eksposisi Singkat Beserta Strukturnya

Struktur Teks Eksposisi
Sama halnya seperti teks bahasa indonesia yang lainnya, teks eksposisi ini mempunnyai struktur yang membedakan dengan jenis--jenis teks yang lainnya. Struktur teks eksposisi pada umumnya terdiri dari 3 bagian yaitu pembukaan, isi, argumentasi dan penegasan ulang.
  • Pembukaan (Orientasi) : Argumentasi adalah bagian pertama yang memaparkan tentang pandangan penulis terkait permasalahan yang dibahas.
  • Thesis (Isi) : Pada bagian ini umumnya memuat tentang penjelasan dari orang lain ataupun penulis itu sendiri yang berkaitan dengan topik bahasan teks eksposisi tersebut. Kebanyakan contoh teks eksposisi sekarang, bagian thesis inilah yang menjadi isi teks eksposisi yang memuat tentang pokok bahasan.
  • Argumentasi : Di dalam struktur teks eksposisi kita sering mendengar istilah argumentasi. Bagian ini akan berisikan tentang bukti nyata yang memperkuat pernyataan penulis pada bagian thesisnya. Umumnya argumentasi akan disertai dengan bukti-bukti atau fakta-fakta yang berkaitan langsung dengan topik permasalahan yang ada.
  • Penegasan ulang : Penegasan ulang adalah bagian penutup daripada contoh teks eksposisi yang mengandung kesimpulan atau penegasan tentang pengalaman, argumentasi dan apa saja yang telah disampaikan oleh penulis.

Contoh Teks Eksposisi Singkat Beserta Strukturnya
Contoh teks eksposisi singkat yang akan saya paparkan kali ini tergolong kedalam jenis teks eksposisi pendidikan.

Peningkatan Mutu Pendidikan

Thesis
Pendidikan adalah hal yang sangat berpengaruh dan efektif dalam memajukan dunia. Hal ini dikarenakan pendidikan dapat digunakan sebagai sumber untuk mengetahui segala informasi, teknologi dan berbagai ilmu yang ada.

Argumentasi :
Banyak sekali upaya yang dilakukan oleh pihak pemerintah Indonesia dalam melakukan pembangunan gedung sekolah bahkan sampai melakukan kegiatan bebas biaya sekolah atau sekolah gratis. Di Indonesia peningkatan upaya pendidikan memang dapat dikatakan tergolong lumayan baik. Selain itu hal paling utama adalah harus adanya minat siswa untuk berprestasi dan belajar. Hal tersebut akan mempermudah pemerintah agar tingkat pendidikan pada siswa dan siswi semakin meningkat. Sehingga para generasi bangsa dapat memberikan yang terbaik bagi Bangsa dan Negaranya di masa yang akan datang.

Penegasan Ulang
Jika peserta didik semakin aktif serta diimbangi dengan fasilitas yang baik dapat melakukan kerja sama maka akan meningkatkan martabat Indonesia dikalangan negara-negara di dunia. Jika hal tersebut terjadi maka akan menarik perhatian investor asing untuk menanamkan modalnya di negara ini sehingga tingkat ekonomi masyarakat dalam negeri pun turut semakin meningkat. Peningkatan pedidikan tersebut harus diimbangi dengan kompetensi maupun kualitas guru yang baik.

Demikian contoh teks eksposisi singkat beserta strukturnya kami paparkan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi yang membaca. Terimakasih

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kumpulan Contoh Teks Eksposisi Singkat Beserta Strukturnya