Tuesday, October 10, 2017

Contoh Biodata Diri Yang Professional dan Lengkap

Contoh Biodata Diri Yang Professional dan Lengkap - Dalam mengajukan sebuah berkas lamaran pekerjaan, pasti anda sering menemukan atau bahkan membuat biodata diri yang nantinya akan dilampirkan dalam dokumen lamaran pekerjaan tersebut.Maka, bisa dibilang jika biodata atau data diri adalah salah satu dokumen yang wajib untuk diikutsertakan.
Hal ini disebabkan didalam sebuah lampiran biodata diri, penulis biodata diri akan menyertakan apa saja yang memuat tentang dirinya ke dokumen biodata diri tersebut. Dan hal ini sangat dibutuhkan sekali oleh pihak perusahaan atau pihak institusi lain yang memang diperuntukkan untuk menerima biodata diri anda tersebut.

Namun, sayangnya pada dewasa ini masih banyak yang tidak begitu paham langkah atau caranya membuat biodata diri yang benar dan lengkap. Sebelum kita membahas bagaimana caranya membuat biodata diri yang lengkap dan benar, alagkah baiknya bila anda terlebih dahulu mengerti apa saja yang perlu diutamakan untuk membuat biodata diri. Berikut hal yang perlu diperhatikan :

1. Penggunaan Tata Bahasa
Ini merupakan suatu hal penting yang harus anda perhatikan sekali pada saat pembuatan biodata diri adalah pemilihan kata atau penggunaan tata bahasa. Sebab biasanya biodata diri itu dibuat untuk kepentingan formal dan resmi, maka tata bahasa atau kata-kata yang kita pakai pun harus baku dan sesuai dengan kaidah tata bahasa.
Walaupun tidak banyak memakai kalimat yang terlalu panjang, tetapi pemilihan kata sangat mempengaruhi kesan resmi yang dikandungnya. 


2. Pemilihan Jenis Font

Bila anda membuat biodata diri memakai print out, maka pemilihan jenis font juga sangat perlu diperhatikan. Pilihlah jenis font yang tak membuat biodata terlihat berlebihan. Sebab ada beberapa jenis font yang memang akan membuat biodata diri tersebut terkesan tak resmi. Beberapa jenis font yang pas dipakai untuk membuat biodata diri meliputi calibri, arial, cambria dan beberapa jenis font lainnya. Sementara jenis font yang sangat untuk tak disarankan pada penggunaan dalam pembuatan biodata diri antara lain yaitu monotype corsiva, ravie, comic dan lain sebagainya.

Tidak hanya font, ukuran font juga harus diutamakan dengan baik. Ukuran font yang baik adalah ukuran sedang 11-12. Sebab ukuran ini cukup ideal untuk dibaca (tak terlalu kecil dan tak terlalu besar). Sementara bila memakai tulisan tangan, lebih berhati-hatilah dan hindari sebisa mungkin adanya coretan maupun penghapusan pada tulisan di kertas sebab itu membuat tampilan kertas jadi terlihat kotor. Untuk tampilan yang lebih bagus, tiap ada kesalahan maka akan diganti dengan dokumen yang masih baru.

3. Susunan Biodata Diri
Mengapa susunan biodata juga harus sangat diutamakan dengan maksimaal? Bukannya yang terpenting ialah hanya perlu biodata yang lengkap saja? Tak berhenti sampai situ! Sebab susunan biodata diri pun rencananya juga akan berpengaruh pada kesan keformalan dan keresmian dari pembuat biodata diri tersebut. Pastikan juga anda sudah mengurutkan susunan data diri mulai dari yang terpenting sampai mengarah ke data yang lebih luas lagi. Anda bisa membayangkan bukan betapa anehnya jika misalkan pada bagian atas biodata diri anda langsung menyertakan pendidikan terakhir anda?

Nah 3 hal penting yang sudah disebutkan di atas merupakan hal terpenting yang harus sangat anda utamakan dengan baik dan tidak boleh disepelekan. Disisi lain, kerapian pemakaian penulisan juga tidak boleh diremehkan. Mulai dari garis tepi, penggunaan tab sampai titik dan koma. Secara umum, berikut adalah susunan yang benar dalam membuat biodata diri yang profesional, lengkap dan terbaru dengan format yang terbaru pula.

  • Nama
Point pertama yang harus diperhatikan yaitu nama lengkap anda. Dari beberapa contoh memang anda disarankan untuk menyertakan nama panggilan anda. Tetapi sebenarnya hal ini tak terlalu penting sebab sebuah perusahaan atau institusi tak akan menanyakan secara resmi siapa nama panggilan anda.

  • Tempat Tanggal Lahir
Sesudah nama, tempat tanggal lahir anda juga harus disertakan, merupakan data berikutnya yang harus anda paparkan juga dalam pembuatan biodata diri. Penyertaan tempat dan tanggal lahir ini biasanya berhubungan dengan umur maksimal atau minimal yang dibutuhkan suatu perusahaan, institusi atau lembaga untuk suatu pekerjaan atau hal lain tertentu.

  • Alamat
Tidak kalah pentingnya juga dengan nama, alamat pembuat biodata diri pun harus dijelaskan juga secara lengkap dan rinci. Sebab selain berhubungan langsung dengan si pembuat biodata, penyertaan alamat pun akan berkaitan dengan asal usul dan tempat tinggal si pembuat biodata.

  • Jenis Kelamin
Point selanjutnya yaitu berisikan jenis kelamin. Dimana jenis kelamin yang nantinya dapat berpengaruh dengan posisi atau jabatan atau pembatasan dengan lainnya.


  • Agama
Agama juga perlu disertakan, sebab saat ini tidak sedikit perusahaan atau pihak yang cukup mempermasalahkan agama ketika akan menerima karyawan baru dalam lingkungannya (baik untuk bekerja maupun untuk sekolah).


  • Status Kewarganegaraan
Untuk anda yang akan memakai biodata diri untuk melamar pekerjaan diluar negeri, kewarganegaraan merupakan hal yang sangat penting. Sebab status kewarganegaraan lah yang nantinya akan berkaitan dengan data diplomatik.


  • Pendidikan
Bila memang biodata diri yang anda buat diperuntukkan untuk melamar suatu pekerjaan, maka pendidikan terakhir pun harus dipaparkan. Biasanya penjelasan pendidikan terakhir ini bersangkutan dengan jabatan yang diinginkan.


  • Telephone
Penyertaan nomer telephone juga sebaiknya disertakan untuk mempermudah ketika pihak yang bersangkutan ingin mendapatkan keterangan lebih lanjut dari anda (pembuat biodata diri).

Demikian informasi tentang Contoh Biodata Diri Yang Professional dan Lengkap yang sudah dipaparkan diatas. Sebelum bekerja tentu anda tidak hanya mempersiapkan dokumen tetapi siap fisik dan mental guna menunjang proses lamaran anda serta yang paling utama yaitu berdoa. Semoga bermanfaaat dan semoga sukses. Terimakasih

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Biodata Diri Yang Professional dan Lengkap