Monday, November 27, 2017

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kecantikan dan Kesehatan - Banyak sekali orang yang menggunakan minyak zaitun sebagai salah satu bahan untuk perawatan kecantikan, bahkan sejak zaman Romawi Kuno dahulu manusia telah mengenal dan menggunakan minyak ini untuk kecantikan dan kesehatan.

Minyak zaitun merupakan lemak atau minyak yang didapatkan dari hasil penggilingan buah pohon zaitun. Minyak yang berasal dari tanaman tradisional di kawasan Mediterania ini mengandung lemak, vitamin E, vitamin K, dan sedikit sekali zat besi. Penasaran bukan bagaimana bisa? Yuk, kita simak kegunaan minyak zaitun untuk kecantikan dan kesehatan berikut ini :


Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Minyak zaitun telah digunakan dalam berbagai macam keperluan semisal obat-obatan, makanan, sabun, bahan bakar untuk lampu tradisional, dan bahkan untuk kosmetik. Minyak zaitun bisa dicampurkan ke dalam masakan, dioleskan ke bibir sebagai pelembut dan lip gloss, dan mengatasi bibir pecah-pecah. Selain itu, minyak zaitun dapat digunakan untuk melembutkan kulit yang kering dan retak-retak contohnya pada siku dan tumit.

Manfaat untuk kulit wajah
Bila Anda kehabisan pembersih make up dan di dapur terdapat minyak zaitun, pakailah saja minyak tersebut untuk menghapus sisa-sia make up di wajah anda. Banyak terdapat merek kosmentik yang kini membuat produk cleansing oil (minyak pembersih) untuk “mencuci wajah”. Cleansing oil tersebut terbuat dari bahan minyak-minyak alami, salah satunya yaitu minyak zaitun.

Minyak pembersih dari minyak zaitun ini bisa dipakai untuk menghilangkan make up dengan mudah. Menurut dokter kulit, cleansing oil cenderung bebas dari bahan kimia paraben yang berbahaya, sebab terbuat dari bahan alami dan tak melenyapkan minyak alami di wajah. Tetapi, berhati-hatilah bila Anda masih menggunakan lensa kontak saat memakai cleansing oil, dapat mengakibatkan pembersih wajah ini menjadi mengendap di lensa kontak.

Kegunaan minyak zaitun bagi wajah dapat pula digunakan sebagai masker atau facial. Caranya cukup mudah hanya dengan mengoleskan minyak zaitun extra virgin (murni) ke wajah anda. Atau dapat juga dengan mencampur dua sendok teh cuka sari apel, satu sendok teh minyak zaitun, dan satu sendok teh madu. Kemudian, oleskanlah campuran tersebut pada wajah dan diamkanlah selama 10-15 menit. Bilaslah dengan air hangat dan keringkan wajah anda dengan cara ditepuk-tepuk menggunakan handuk yang bersih.

Untuk kulit tubuh
Mencegah kulit kering dan melembabkan juga diduga menjadi salah dua manfaat minyak zaitun untuk wajah. Minyak zaitun mirip dengan minyak alami yang diproduksi oleh kulit, maka sangat mudah diserap dengan baik ke dalam kulit. Minyak zaitun biasanya tak menyebabkan alergi, akan tetapi dihimbau untuk tak dioleskan ke kulit yang berjerawat. Dan menurut beberapa riset, minyak zaitun bahkan bisa membantu melindungi tubuh kita dari serangan kanker kulit.

Zat antioksidan dan antiinflamasi yang terdapat didalam minyak zaitun diindikasikan bisa membuat kulit menjadi halus dan lebih cerah. Selain dioleskan ke kulit, mengkonsumsi minyak zaitun juga bisa memberikan Anda kegunaan dari antioksidan yang berguna melucuti radikal bebas dan mengurangi peradangan yang menyebabkan kerutan dan kekencangan kulit.

Kegunaan minyak zaitun bagi wajah dan kulit tubuh diindikasikan juga dapat diterapkan untuk mengobati eksim (kulit merah dan gatal), psoriasis(kulit merah dan terkelupas), dan infeksi jamur (kurap atau ringworm, jamur di lipat tubuh, dan panu). Tetapi, penelitian dan bukti lebih lanjut dibutuhkan untuk mendukung berbagai pernyataan tersebut.

Minyak zaitun memang alami, tetapi apabila setelah dioleskan terdapat tanda-tanda alergi, segera hentikanlah pemakaian dan konsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut yang tepat.

Demikian informasi yang dapat kami berikan terkait Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kecantikan dan Kesehatan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba di rumah. Terimakasih

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kecantikan dan Kesehatan